Politik 3 Paslon Pilkada Lamongan

3 Paslon Pilkada Lamongan

Kabar1lamongan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan setelah melalui penelitian dan pemeriksaan berkas persyaratan calon akhirnya resmi menetapkan dan menyatakan 3 pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang berhak mengikuti kontestasi Pilkada Lamongan serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Tiga paslon tersebut adalah Suhandoyo – Astiti Suwarni yang maju melalui jalur independen dan paslon Yuhronur Efendi – Abdul Rouf (YesBro) yang diusung Partai Demokrat, PAN, Golkar, Gerindra, PPP, Perindo dan Hanura.  Kemudian paslon Kartika Hidayati – Saim (Karsa) yang diusung PKB dan PDI Perjuangan.

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali mengatakan, ketiga paslon yang ditetapkan dan dinyatakan memenuhi syarat sudah melengkapi seluruh persyaratan yang telah ditentukan, yaitu persyaratan administrasi dan kesehatan.

Sesuai hasil Rapat pleno tertutup penetapan paslon calon bupati dan calon wakil bupati lamongan, dengan tanpa dihadiri pasangan calon, pada Rabu 23/09/2020. Ini adalah momentum awal untuk melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat dan ini harus kita awali mulai sekarang untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan demi pencegahan munculnya klaster Pilkada 2020.

“Hari pengundian nomor Paslon, dan akan dilanjutkan proses kampanye hingga coblosan. Ketua KPU Mahrus Ali menjelaskan untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Selain itu juga sesuai dengan instruksi KPU RI dan untuk mendukung pencegahan penularan COVID-19,” Terang Mahrus ali dalam sambutan nya. (24/09/2020)

Untuk pengundian nomor urut ini dilakukan di Sport Center Lamongan atau GOR dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, salah satunya dengan cara peserta yang diundang dibatasi dengan ketat.

Dari pengundian tersebut, telah ditetapkan bahwa Paslon dengan :

nomor urut 1 adalah pasangan Suhandoyo – Astuti Suwarni, yang maju di Pilbup Lamongan dari jalur perseorangan.

Paslon dengan nomor urut 2 adalah pasangan Yuhronur Efendi – KH Abdul Rouf (YesBro) yang di usung 7Partai, Demokrat, PAN, Golkar, Gerindra, PPP, Perindo dan Hanura.

Sementara Paslon Kartika Hidayati – Saim (KarSa), yang diusung Partai Koalisi Nasional PKB dan PDI Perjuangan dengan nomor urut 3.

Usai menerima nomor urut Pilkada serentak 2020, acara dilanjutkan dengan penyerahan SK penetapan calon dan SK penetapan nomor urut kepada pasangan calon yang dilakukan langsung oleh ketua KPU 4 komisioner lainnya.

Kemudian, ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati menandatangani Fakta integritas pemilu damai dan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat Kampanye.

Mahrus menerangkan, jika pada masa kampanye ada paslon yang melanggar terkait PKPU yang sudah disosialisasikan, maka akan ada sanksi tegas yang akan diberikan.

“Hasil kajian dari teman-teman tentang PKPU nomor 13, bisa saja sanksi yang diberikan berupa pengguguran terhadap paslon,” terangnya.

Setelah ditetapkan nomor urut tersebut, selanjutnya adalah masa kampanye, yang akan dimulai pada tanggal 26 September sampai tanggal 5 Desember mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali menjelaskan, pelaksanaan kampanye akan lebih ditekankan secara daring. Hal itu untuk menghindari terjadinya kerumunan, guna mencegah penularan Covid-19.(Af/F2)