Daerah Catatan Merah Kinerja Ketua PPK Kecamatan Ngimbang Dalam Gelaran Pemilu 2024.

Catatan Merah Kinerja Ketua PPK Kecamatan Ngimbang Dalam Gelaran Pemilu 2024.

Catatan Merah Kinerja Ketua PPK Kecamatan Ngimbang Dalam Gelaran Pemilu 2024.

Kabar1lamongan.com – Tahapan Pemilihan umum tahun 2024 telah selesai dilaksanakan, namun ada catatan merah terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), khususnya kinerja dari ketua PPK Kecamatan Ngimbang.

Hal itu diungkapkan RM (35/th) ketua Forum Pemuda Peduli Demokrasi, kepada awak media kabar1lamongan.com, bahwa ada catatan khusus atas kinerja dari ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Ngimbang dalam pemilihan umum tahun 2024 ini. Senin, (01/04/2024).

“Kami menyoroti atas kinerja dari ketua PPK Ngimbang dalam gelaran Pemilu tahun 2024 ini, kami rasa buruk. Hal ini bisa kita cermati dalam tahapan pemilu, seperti penyusunan daftar pemilih hingga proses tungsura kemaren terkesan bahwa ketua PPK Ngimbang tidak paham dengan regulasi sehingga banyak dugaan terjadinya kesalahan-kesalahan yang sebenarnya bisa diantisipasi. Terjadinya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah Kecamatan Ngimbang ini juga membuktikan bahwa buruknya pemahaman tentang regulasi Pemilu juga buruknya Koordinasi dan komunikasi ketingkat dibawahnya.” Terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu PPS di kecamatan Ngimbang, yang merasa bahwa Kinerja ketua PPK Ngimbang pantas diberi raport merah. Hal itu ditandai dengan kurangnya koordinasi ketua PPK dengan jajarannya ditingkat kecamatan dan ditingkat bawahnya.

“Selama menjadi penyelenggara pemilu dari tahun-tahun sebelumnya, baru kali ini saya rasa ada kemunduran. Bagaimana tidak, mulai dari penyusunan daftar pemilih sudah terjadi keruwetan. Dari tahun pemilihan sebelumnya untuk rapat pleno Daftar Pemilih saja sebenarnya bisa dilaksanakan dan selesai dalam hitungan paling 1-2 jam, namun untuk pemilu tahun 2024 ini yang di mulai setelah isya selesai subuh. Hal ini menandakan bahwa pemahaman tentang penyusunan daftar pemilih yang sesuai dengan regulasi tidak dipahami betul oleh teman-teman PPK Khususnya ketua PPK. Kami selaku PPS mengharap setiap sebulan sekali ada rapat evaluasi terkait dengan tahapan, namun dalam kenyataanya hal itu tidak dilakukan oleh ketua PPK Ngimbang, sehingga kami penyelengara di tingkat desa juga merasa bingung,” Ungkapnya.

Tidak itu saja, di beberapa pertemuan terakhir dalam berakhirnya masa kerja penyelenggara pemilu tahun 2024 ini, ketua PPK Kecamatan Ngimbang tidak pernah hadir. (Red)