Nasional Mahasiswa Baru Unisbank Diajak Kembangkan Digitalisasi UMKM

Mahasiswa Baru Unisbank Diajak Kembangkan Digitalisasi UMKM

Semarang ,kabar1lamongan.com- Masa pandemic Covid -19 harus memprioritaskan untuk memperkuat sektor UMKM melalui program pemulihan ekonomi nasional. Satu sisi pemerintah ingin memastikan kebutuhan UMKM terpenuhi, pada satu sisi lain mendorong percepatan transformasi ekonomi agar handal dalam menghadapi situasi Covid -19 dan tantangan ekonomi global.

Hal itu diungkapkan staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM RI Muhammad Riza Adha Damanik,ST, Msi.,Phd dihadapan ratusan mahasiswa baru gelombang pertama peserta kuliah umum secara daring Pengenalan Kampus dan Akademik ( PEKAKU ) Universitas Stikubank Semarang, Selasa (1/9/2020).

Mantan Ahli Utama staf kepresidenan lulusan program doktoral Universiti Sains Bh ini lebih lanjut mengatakan, digitalisasi UMKM menjadi penting agar UMKM mampu mengakses pasar offline maupun online.

” Selain itu, digitalisasi UMKM akan memacu kertelibatan mahasiswa untuk turun dan berwirausahan dalam sektor sektor strategis kerakyatan, seperi sektor perikanan,pertanian,perkebunan ataupun peternakan, hal ini jelas perlu sinergi juga dengan perguruan tinggi, termasuk Unisbank Semarang,” jelasnya.

Selaras hal tersebut, Rektor Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Dr. Safik Faozi,SH.M.Hum. menuturkan Unisbank akan terus meningkatkan kinerjanya guna mencetak lulusan yang berkualitas.

” Kampus kita sudah mengkonsentrasikan diri pada kewirausahaan, selain melatih mahasiswa menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha, kedepannya lulusan kita atau sejak menjadi mahasiswa sudah bisa turut membantu menguatkan ekonomi UMKM dengan digitalisasi ekonomi yang sudah menjadi program pemerintah,” kata Safik.

Selain penyampaian materi kuliah umum, Program PEKAKU Unisbank hari pertama yang diikuti 800 mahaswa ini diawali dengan pengenalan sistem pendidikan tinggi oleh jajaran rektor Unisbank Dr. Safik Faozi,SH.M.Hum dengan didampingi wakil rektor lainnya. (*)