Daerah POSMAWA : Pohon Sedekah Masyarakat Desa Wajik, Cara Unik Bersedekah Gagasan Mahasiswa...

POSMAWA : Pohon Sedekah Masyarakat Desa Wajik, Cara Unik Bersedekah Gagasan Mahasiswa KKN-47 UTM

Kabar1lamongan.com – Berbagai cara dilakukan untuk membangkitkan semangat tolong-menolong antar warga, seperti halnya yang dilakukan mahasiswa KKN-47 Universitas Trunojoyo Madura. Sedekah dengan gaya baru tersebut dilakukan dengan memberi bantuan bahan makanan gratis secara swadaya kepada yang membutuhkan.
Sejumlah warga menggantungkan bahan makanan pada kayu yang dirakit sedemikian rupa di halaman POSKESDES Wajik, Lamongan, Minggu (22/5/2022).

Terlihat bahan makanan mentah seperti lauk pauk, sayuran, dan bumbu dapur yang dapat juga diambil oleh warga yang membutuhkan.
Dengan motto “Taruh Seikhlasnya, Ambil Secukupnya”, POSMAWA difungsikan setiap pagi oleh siapapun yang ingin bersedekah maupun yang sedang membutuhkan.

Salah satu panitia sekaligus ketua KKN-47 UTM, Dinasti Firman Maulana mengatakan ide awal pembuatan POSMAWA ini didasarkan pada kurangnya kegiatan sosial-ekonomi yang ada di Desa Wajik. Dimulai dengan sosialisasi, pembuatan, kemudian pembukaan dilakukan dalam 3 hari berturut-turut.

Dia menambahkan bahwa kedepannya sedekah bahan makanan gratis ini dapat menjadi contoh yang baik dan dapat mewadahi kegiatan saling berbagi antar warga.

“Adanya pohon sedekah ini merupakan program kerja pertama KKN kami, ya saya berharap ini menjadi awal yang baik dan mendapat tanggapan baik pula dari warga,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PKK Desa Wajik, Ibu Sampurno sangat mendukung penuh kegiatan mahasiswa tersebut. Beliau menambahkan pula bahwa sebelumnya sudah ada gagasan serupa namun sudah lama tidak dilakukan kembali.

“Semoga dengan adanya pohon sedekah ini bisa berfungsi seperti kegiatan yang dulu (serupa), bisa sesekali juga ditaruh di titik belanja ibu-ibu juga biar rame,” pungkasnya.

Penulis: Seliya Fuji Safitri, mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura.