Kreatif & Innovatif Podcast Sebagai Literasi Digital, Kembangkan Inovasi Informasi kekinian

Podcast Sebagai Literasi Digital, Kembangkan Inovasi Informasi kekinian

Kabar1lamongan.com – Literasi digital saat ini sangat dibutuhkan demi menciptakan ruang digital yang lebih baik bagi semua orang. Kita hidup di suatu realitas di mana fisik dan digital menjadi satu, Seolah-olah masyarakat kita punya dua kepribadian, berperilaku di ruang fisik dan di ruang digital. Indonesia juga telah memasuki era digital di mana ruang digital telah menjadi bagian dari realita hidup masyarakat. Masyarakat, khususnya generasi milenial kini hidup di suatu realitas di mana fisik dan digital menjadi sebuah kesatuan.

Keberadaan UU ITE Tahun 2008 mengakui semua kegiatan di ruang digital adalah sah. Hal ini kemudian diiringi dengan semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan di ruang digital hingga saat ini, mulai dari belajar, berdiskusi, bekerja, serta kegiatan lainnya.

Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan dimulainya sebuah podcast, ini adalah wujud keperdulian bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Penyampaian informasi melalui platform siniar atau yang lebih dikenal dengan podcast ini, dinilai cukup mengikuti tren saat ini.

“Podcast ini merupakan bagian dari keperdulian kita untuk ikut mendukung dan menyebarkan konten-konten positif di media sosial. Melalui podcast ini, diharapkan masyarakat milenial lamongan dapat dengan mudah mengakses informasi di mana pun dan kapan pun,” Ungkap M.Ferry Fadli sebagai C.E.O dari PT.Kabar Satu Nusantara Media Group Indonesia.

Mengulas sedikit, Asal Usul Podcast, Sejarah mengenai Podcast pertama kali muncul dalam artikel buatan Ben Hammersley dalam surat kabar The Guardian pada tahun 2004 lampau. Podcast sendiri awalnya berasal dari kata Pod yang merupakan singkatan dari kata Playable on Demand.

Podcast pada awalnya memang dirancang untuk dapat diputar pada gadget yang memakai sistem iOS seperti Mac dan juga iPod. Podcast pun semakin populer dari tahun ke tahun dan mencapai puncak popularitasnya pada 2007. Podcast pun terus berkembang cepat sampai dengan saat ini.

Dengan perkembangan zaman yang sekarang makin canggih, cara mengakses dan berlangganan podcast pun menjadi semakin mudah. Sistem akses yang fleksibel inilah yang semakin membuat Podcast menjadi booming diakses banyak pendengar.

Apa Itu Podcast ???
Podcast adalah rekaman diskusi berbentuk audio yang membahas suatu topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan yang dapat didengarkan. Podcast banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Podcast menjadi salah satu konten yang cukup diminati yaitu karena kontennya dapat didengarkan saat bepergian,seperti perjalanan ke kantor atau bahkan saat bekerja. Hal itu karena kita tidak harus melihat secara visual sesi podcast.

Berbeda dengan radio yang harus mendengarkan semua konten yang disiarkan melalui radio, di podcast kita bisa memilih topik yang diinginkan, mengulang, dan bahkan melewati bagian yang tidak disuka. Bahkan, Podcast saat ini sudah bisa dijadikan ladang investasi berbiaya rendah, karena tidak memerlukan stasiun radio. Pendengar juga memiliki kesempatan untuk dapat memilih mengunduh topik yang sesuai dengan selera.

Saat ini sudah banyak Podcast dengan berbagai topik sering ditemukan di iTunes dan Spotify. Sedangkan Podcast yang berbentuk audio dan visual dapat ditemukan dan diakses melalui youtube.

Sementara itu, di tempat dan waktu terpisah, hal senada juga di ungkapkan oleh Komisaris PT. Kabar Satu Nusantara Media Group Indonesia, Achmad Fachrudin Febriadi, S.H, dirinya menuturkan, “Podcast memiliki beberapa manfaat dan juga kelebihan dibanding channel lain. Selain bisa diakses kapanpun, di Podcast juga dapat mengatur topik dari tayangan audio yang ingin di dengarkan mulai dari topik ringan, tentang pendidikan, musik, diskusi, dan sebagainya. Banyak pilihan topik, podcast memiliki banyak sekali topik bahasan yang digunakan untuk konten, mulai dari kategori seni, pelaku UMKM, musik, film, politik, komunitas, sekolah, organisasi sampai Birokrasi,” Terangnya.

Podcast selain tidak menayangkan iklan, Berbeda dengan radio yang selalu menyelipkan iklan, maka saat mendengarkan kontennya akan terasa lebih nyaman dan fokus. Selain itu juga fleksibel dan bisa didengarkan dimana saja, Podcast dapat didengar tanpa batasan waktu dan tempat. Podcast juga dapat diakses ketika berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan.

Ditambahkan oleh Achmad Fachrudin Febriadi, “Kabar Satu Open Your Eyes adalah podcast yang membahas semua tentang Lamongan, kita mencoba membuka tabir yang belum pernah dibahas dari sisi jurnalis yang kekinian, tapi tetap sopan dalam bahasa dan santun dalam berita, junjungan tinggi beretika dalam bersikap dan berfikir. Masih banyak hal menarik di sekitar kita yang bisa membuka mata kita akan sesuatu hal, apalagi kita menyongsong era 5.0, generasi milenial harus selalu produktif, mengedukasi, kreatif, inovatif, inspiratif Dan berintegritas,” Terangnya.

Tahukah kamu? Podcast, Selain membantu melepas penat, mendengarkan podcast memiliki berbagai manfaat untuk produktivitas kamu. Podcast saat ini menjadi salah satu bentuk hiburan yang cukup tenar belakangan ini. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu mendengarkannya ibarat mendengarkan musik.

Manfaat Mendengarkan Podcast :
1. Memberikan stimulasi otak yang sama dengan membaca buku, Berdasarkan hasil penelitian Sage Publication yang dikutip dari Entrepreneur, mendengarkan podcast memberikan rangsangan yang sama dengan membaca membaca buku. Mendengarkan podcast merangsang otak untuk menerima informasi dengan cara yang sama dengan membaca buku. Selain itu, mendengarkan podcast merangsang otak menghasilkan gambar yang lebih jelas dalam pikiran, jauh lebih cepat dan mudah daripada dalam bentuk buku. Hal ini membuatmu akan terasa lebih terangsang secara emosional dan tertarik pada cerita atau narasi dari podcast tersebut.

2. Mendapatkan pengetahuan baru, Manfaat podcast tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sumber informasi yang bagus. Melalui rekaman audio ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang bisa digunakan untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak podcast yang memiliki segmen diskusi dengan menghadirkan berbagai ahli. Hal ini membuat informasi yang kamu dapatkan bukanlah sekedar opini. Ada berbagai genre podcast yang bisa kamu dengarkan. Kamu bisa menemukan podcast tentang keuangan hingga informasi dan tips seputar gaya hidup mindfulness.

3. Membantumu mengembangkan diri
manfaat podcast, Ada banyak podcast pengembangan diri yang saat ini tersedia di berbagai platform dan aplikasi podcast. Podcast-podcast tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan berbagai informasi seputar pengembangan diri. Kamu juga bisa mengambil manfaat dari podcast untuk mempersiapkan pengembangan karier dengan mendengarkan rekaman yang sesuai dengan pekerjaanmu. Ada banyak podcast yang dapat mengajarkan kamu mengenai bidang studi dan karier tertentu. Misalnya, podcast yang berfokus pada produktivitas dan teknologi seperti Supercharged dan Back to Work atau podcast yang berfokus pada UX design.

https://youtube.com/playlist?list=PLinkWX3xzN_AWvQK8kekmBxNmDZA1IB1r (klik)

4. Memberikan inspirasi, Huffpost menyebutkan bahwa mendengarkan podcast dapat memberikan inspirasi, terutama jika kamu bekerja di bidang kreatif. Sebagian besar rekaman audio itu membahas berbagai topik terkini dari sudut pandang yang berbeda-beda. Hal ini membuatmu dapat memahami tersebut dari berbagai perspektif. Mendengarkan podcast-podcast ini akan merangsang kamu menjadi lebih kritis, kreatif, serta mendapatkan inspirasi-inspirasi yang menarik.

5. Menemani saat bekerja, Kamu dapat mendengarkan podcast dalam perjalanan, sambil menunggu dalam antrean atau di pesawat. Selain itu, kamu juga dapat mendengarkannya saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari yang menghabiskan begitu banyak waktu, seperti mencuci atau memasak. Kamu juga bisa mendengarkan rekaman ini sambil bekerja. Podcast memiliki manfaat dengan menjadi temanmu ketika mengerjakan tugas jika kamu merasa sedikit kesepian saat bekerja, terutama saat WFH.

6. Membantumu menjadi pendengar yang baik, Karena rekaman ini berfokus pada mendengarkan, mendengarkan podcast akan membantumu untuk lebih dari sekadar mendengarkan. Podcast memungkinkanmu untuk menjadi bagian dari apa yang kamu dengarkan, dan memicu untuk mendengarkan dan memperhatikan. Kemudian, kamu menggunakan imajinasi untuk membentuk gambar dari cerita tentang apa yang didengarkan. Podcast merangsang berbagai bagian otak, memaksamu untuk secara aktif mendengarkan, terutama jika itu adalah topik yang benar-benar kamu minati.

Nah, sekarang kamu jadi tahu bukan? Ternyata mendengarkan podcast tidak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang atau menemanimu saat bekerja saja. Ada banyak sekali manfaat-manfaat mendengarkan podcast yang bisa kamu terapkan untuk pengembangan diri dan karier kamu.(*Rd)