Daerah Lapas Lamongan Apel Siaga dan Penggeledahan Insidental Guna Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban.

Lapas Lamongan Apel Siaga dan Penggeledahan Insidental Guna Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban.

Lapas Lamongan Apel Siaga dan Penggeledahan Insidental Guna Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban

Kabar1lamongan.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Apel Siaga 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju serta penggeledahan Insidental mencegah peredaran handphone, pungutan liar, dan Narkoba (Halinar).Jum’at(05/04).

Bertempat di Lapangan Upacara Lapas Lamongan , Kepala Lapas (Kalapas) Lamongan, Mahrus memimpin langsung kegiatan Apel Siaga tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Lapas Lamongan,turut hadir juga TNI,POLRI dan subdenpom Lamongan serta BNN Kabupaten Gresik.

Lapas Lamongan Apel Siaga dan Penggeledahan Insidental. Foto : Kabar1 (06/04/24)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024M yang dipandang perlu untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas Lamongan serta guna meningkatkan pelayanan Pemasyarakatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan. Hal tersebut dilakukan guna menjamin para WBP tetap dapat menjalankan kegiatan Hari Raya Idul Fitri dengan khidmat dan aman. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk komitmen program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan merupakan salah satu agenda kegiatan dalam memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang Ke-60 tahun 2024.

Dalam arahannya, Kalapas Lamongan, Mahrus mengatakan bahwa kegiatan apel siaga 3 + 1 (Berantas Halinar) ini sebagai bentuk deteksi dini menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah dan menjelang peringatan Hari Bakti Pemasyaralatan ke-60 Tahun 2024 yang dilaksanakan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

“Setelah dilaksanakannya Apel Siaga berantas halinar ini, saya berharap agar saudara-saudara tetap menjaga Integritas dan selalu lakukan deteksi dini, Waspada Jangan-Jangan, pastikan tidak boleh ada hanphone yang masuk, jangan sekali-kali saudara-saudara terlibat pungutan liar apalagi menjadi pengedar narkoba, kita bekerja sama berantas itu semua dan menjadikan Lapas Lamongan bebas Halinar,” Ungkap Mahrus.

Penggeledahan Insidental guna tingkatkan keamanan dan ketertiban. Foto : Kabar1 (06/04/24)

Setelah dilaksanakan Apel Siaga, kegiatan dilanjutkan dengan penggeledahan insidental baik itu Warga Binaan Pemasyarakatan maupun Kamar Hunian dan Lingkungan Blok Lapas Lamongan ,Selain itu juga diadakan tes urine kepada beberapa WBP, seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan bersama dengan melibatkan unsur Aparat Penegak Hukum (APH).

Kegiatan diakhiri dengan buka bersama dan ramah tamah,Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara Lapas Lamongan dengan berbagai entitas penegak hukum dalam memastikan keamanan dan ketertiban. Khususnya, menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. (**)