Daerah Kahutindo Monitor Pelaksanaan THR Perusahaan Kepada Karyawan di Kabupaten Lamongan.

Kahutindo Monitor Pelaksanaan THR Perusahaan Kepada Karyawan di Kabupaten Lamongan.

Kahutindo Monitor Pelaksanaan THR Perusahaan Kepada Karyawan di Kabupaten Lamongan.

Kabar1lamongan.com – THR (tunjangan hari raya) merupakan pendapatan di luar gaji atau non-upah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada pekerja jelang Lebaran. Perusahaan wajib memberikan tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri kepada pekerja atau buruh.

FSP Kahutindo Lamongan Hari Wahyono, S.H., M.H., menjelaskan bagaimana proses penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) dari Perusahaan kepada karyawan.

Berdasarkan pasal 1 ayat (1) Permenaker 6/2016 dan pasal 9 ayat (1) PP 36/2021, membayar THR adalah kewajiban setiap orang yang mempekerjakan orang lain dengan imbalan upah, baik itu berbentuk perusahaan, perorangan, yayasan, atau perkumpulan.

“THR itu harus di keluarkan H-7 sebelum hari raya Idul Fitri. Yaitu 1 kali upah sesuai dengan upah di Kabupaten Lamongan, Sesuai UMR,” jelasnya. Senin,(1/4/2024).

Untuk kebijakan penetapan besaran THR dan berapa minimal besaran dana yang seharusnya diberikan, Untuk karyawan/buruh pabrik setelah 1 tahun kerja adalah diberikan 1 bulan gaji upah, bagi pekerja sebelum 1 tahun kerja adalah masa kerja bulan di bagi 12 dikalikan upah pokok dan jika masa kerja lebih dari 1 tahun yang sudah ada nilainya tidak boleh di kurangi, lanjut Ketua Kahutindo Kabupaten Lamongan itu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jikalau ada kendala pembayaran THR para pekerja atau buruh, melalui serikat pekerja yang menaungi bisa melaporkan atau mengadu ke posko THR di disnaker di Kabupaten Lamongan.

Gambar: Perhitungan Besaran THR 2024 Untuk Pekerjaan/Buruh.

Serikat pekerja, Kahutindo akan selalu berkomunikasi dan mengawal, memastikan penyaluran THR bagi karyawan Perusahaan tepat waktu.

“Dari pihak serikat pekerja selalu berkomunikasi, mengawal dengan para anggota kami untuk memastikan bahwa hak THR tersebut sudah diberikan oleh perusahaan,” tutupnya. (F2/Yog)