Daerah Festival Ramadhan Pandela 2024, Desa Pandanpancur Geliatkan UMKM.

Festival Ramadhan Pandela 2024, Desa Pandanpancur Geliatkan UMKM.

Festival Ramadhan Pandela 2024, Desa Pandanpancur Geliatkan UMKM.

Kabar1Lamongan.com – Pameran produk UMKM digelar oleh Desa Pandanpancur bekerja sama dengan pelaku UMKM Desa dengan nama festival ramadhan pandela 2024.

Acara yang diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 30 sampai 31 Maret 2024 di gelar di lapangan SDN Pandanpancur Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.

Kepala Desa Pandanpancur Supadi mengatakan pameran produk UMKM ini digelar bersama-sama pelaku UMKM Desa dan didukung oleh UMKM Kecamatan Deket dengan tujuan memperkenalkan produk-produk asli Desa Pandanpancur.

“Festival ini digelar atas kerjasama dengan para pelaku UMKM Desa, dan Alhamdulillah sudah berjalan 2 tahun ini selama pulan ramadhan, diikuti oleh setiap masing-masing dusun. Alhamdulillah antusiasnya luar biasa,” kata Supadi.

Foto: Fitri Ketua UMKM Desa dan Devi Ketua UMKM Deket di Festival Ramadhan Pandela 2024, Desa Pandanpancur Geliatkan UMKM. Sabtu,(30/03/2024).

Festival ramadhan pandela 2024, menjadi event launching produk minuman asli Desa Pandanpancur, hal itu disampaikan oleh ketua UMKM Desa Pandanpancur.

“Jadi festival ini merupakan launching produk minuman asli yang dibikin warga Desa Pandanpancur. Kami menyebutnya Pandela yang artinya Pandanpancur Deket Lamongan,” ucap Devi Dwi Oktavia sebagai ketua UMKM Kecamatan Deket.

Lebih lanjut, Devi sapaan akrabnya menjelaskan minuman Pandela ini terbuat dari bahan-bahan alami dan asli buatan UMKM Desa Pandanpancur sebagai produk asli Desa.

“Pandela dibuat dari pandan dan kencur,” imbuhnya.

Mengenai manfaat akan minuman pandela, ketua UMKM Desa Pandanpancur menuturkan bahwa pandela mempunyai manfaat untuk ketahanan tubuh dan sebagai alternatif menurunkan kolesterol dan asam urat.

“Minuman Pandela ini mempunyai manfaat untuk menjaga ketahanan tubuh, menurunkan kolesterol, asam urat, dan menambah stamina, semuanya diracik secara herbal,” tutur Fitri.

Foto: Camat Deket, Arif Bachtiar di Festival Ramadhan Pandela 2024, Desa Pandanpancur Geliatkan UMKM. Sabtu,(30/03/2024).

Hadir dalam launching produk minuman Pandela dalam festival ramadhan pandela 2024, Camat Deket, Arif Bachtiar sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan gebyar pasar ramadan di Desa Pandanpancur; Arif Bachtiar juga berharap bagi UMKM Desa bisa meningkatkan produknya hingga meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Desa Pandan Pancur.

“Semoga kedepan para pelaku UMKM di Desa Pandanpancur semakin maju, kualitas produk UMKM Desa ini bisa semakin meningkat, dan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ungkap Camat Deket.

Camat Deket, Arif Bachtiar juga mengingatkan kepada UMKM desa Pandanpancur untuk bisa ikut LA Fest pada tanggal 28-31 Maret ini di alun-alun kota Lamongan. (F2/SyA/IL)