Daerah UMKM Naik Kelas dan Dongkrak Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Tukerto Lakukan Inovasi ini.

UMKM Naik Kelas dan Dongkrak Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Tukerto Lakukan Inovasi ini.

UMKM Naik Kelas dan Dongkrak Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Tukerto Lakukan Inovasi ini.

Kabar1lamongan.com – Desa Tukerto, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan
Mengadakan gebyar pasar ramadhan dan sekaligus pengukuhan pengurus UMKM di Desa Tukerto. Dalam kegiatan tersebut para pelaku UMKM yang ada di Desa Tukkerto Kecamatan Deket menerima legalitas usaha berupa Nomor Induk Usaha (NIB) hingga sertifikat halal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Deket Arif Bachtiar, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Ketua UMKM Kecamatan Deket, Kepala Desa Tukkerto.

Dalam sambutannya, Camat Deket, Arif Bachtiar sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan gebyar pasar ramadan di Desa Tukkerto; Arif Bachtiar juga berharap bagi UMKM Desa Tukkerto yang sudah mendapatkan legalitas usaha bisa meningkatkan produknya hingga meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Desa Tukerto.

“Semoga kedepan para pelaku UMKM di Desa Tukerto semakin maju, kualitas produk UMKM Desa Tukerto bisa semakin meningkat, dan berdampak pada perekonomian masyarakat Desa Tukerto bisa semakin meningkat dan punya dengan adanya legalitas usaha dapat memberikan kepastian hukum dan naik dapat kelas,” ungkap Camat Deket.

Camat Deket, Arif Bachtiar juga mengingatkan kepada UMKM desa Tukerto untuk bisa ikut LA Fest pada tanggal 28-31 Maret nanti di alun-alun kota Lamongan.

“UMKM desa Tukerto jangan lupa ikut LA Fest untuk memperluas pangsa pasar, Promosi dan jualan, produk UMKM harus bagus, kemasan baik dan juga rasa harus enak. Jangan lupa buat kartu nama untuk di sebarkan kepada konsumen sehingga bisa menghubungi langsung,” tambah camat deket.

Keterangan: UMKM Naik Kelas dan Dongkrak Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Tukerto Lakukan Inovasi. Foto: Kabar1LA/Jumat,(22/04/2024).

Dalam kesempatan yang sama di Balai Desa Tukerto, Kades Tukerto Ahmad Rozi mengungkapkan kebanggaan atas terselenggaranya kegiatan gebyar pasar ramadhan, pemberian legalitas usaha dan pengukuhan pengurus UMKM di Desanya.

“Hari ini kami mengadakan gebyar pasar Ramadhan dan Penerimaan legalitas usaha bagi UMKM Desa Tukerto, bersamaan itu sekaligus pengukuhan pengurus UMKM Desa Tukerto,” Ujar Kades Ahmad Rozi, Jumat (22/03/2024) Sore.

Kepala Desa Tukerto Ahmad Rozi juga tak lupa mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus UMKM Desa Tukkerto yang barusan dilantik dan sekaligus secara simbolis memberikan legalitas usaha. Selain itu, dirinya juga berharap, melalui kegiatan penerimaan legalitas usaha bagi UMKM ini bisa mengerakkan ekonomi kerakyatan, menjadi semangat tersendiri bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hingga meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tukerto.

“Harapan kami (Pemdes Tukerto-Red), semoga keberadaan UMKM Desa Tukkerto bisa lebih meningkat. Selain bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar juga semakin luas dan maju keberadaan UMKM Desa Tukerto,” ungkap kades Rozi.

Disela-sela gebyar pasar ramadan serta pembagian legalitas usaha bagi UMKM yang ada di Desa Tukerto, diadakan pengukuhan pengurus UMKM Desa Tukerto, Kecamatan Deket yang juga di inisiasi oleh ketua UMKM Kecamatan Deket, Devi Dwi Oktavia.

“Pembagian legalitas usaha bagi UMKM yang ada di Desa Tukerto, 70 NIB dan 60 sertifikat halal bagi produk UMKM yang kita bagikan kepada pelaku UMKM,” kata Ketua UMKM Kecamatan Deket Devi Dwi Oktavia.

Keterangan: Pembagian Legalitas Usaha UMKM Desa Tukerto. Foto: Kabar1LA/Jumat,(22/03/2024).

Dari jumlah tersebut, diungkapkan Devi, UMKM Desa Tukerto yang sudah mendapatkan legalitas terdiri dari UMKM diantaranya makanan ringan, soto ayam, sate ayam hingga produk makanan dan minuman olahan warga Tukerto sendiri. Pihaknya juga berharap kepada UMKM Desa Tukerto yang sudah mendapatkan legalitas usaha berkekuatan hukum tetap kedepan bisa semakin maju, meningkat, bisa naik kelas hingga bisa meluas pemasaran produknya.

“Kegiatan seperti ini akan terus kami gaungkan, untuk desa lain menyusul untuk memfasilitasi pengurusan legalitas dan sertifikat halal bagi produk UMKM di kecamatan Deket khususnya. Apalagi tahun ini juga masih ada program untuk legalitas dan sertifikat halal bagi pelaku UMKM di Indonesia,” tutup Ketua UMKM Kecamatan Deket Devi Dwi Oktavia. (F2/Red)