Agro Sektor Sinergitas Kodim 0812/Lamongan Bersama Disperindag Lakukan Sidak Harga Sembako di Pasar

Sinergitas Kodim 0812/Lamongan Bersama Disperindag Lakukan Sidak Harga Sembako di Pasar

Sinergitas Kodim 0812/Lamongan Bersama Disperindag Lakukan Sidak Harga Sembako di Pasar

Kabar1lamongan.com – Komandan Kodim 0812/Lamongan melalui Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kodim 0812/Lamongan, Kapten Inf Sukri S.Sos., bersama Dinas terkait menggelar Sidak Kontrol Inflasi dan Pengecekan Harga Sembako atau Bahan Pokok di Pasar Sidoharjo, Jl. Kauman,Sidoharjo,Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan, Selasa (05/03/2024).

Terkait operasi Pasar ini, Kapten Sukri mengatakan Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengontrol Inflasi di tingkat pasar menjelang Bulan suci Ramadhan yang mana merupakan salah satu tata kelola dan tata cara untuk mengatasi perkembangan Inflasi, sehingga kondisi harga bahan pokok tetap terjaga normal dengan baik.

“Melalui Sidak secara langsung turun ke lapangan ini merupakan metode strategi pemantauan yang bagus untuk memperoleh informasi yang akurat, seperti pemantauan pasokan dan ketersediaan bahan pangan pokok untuk menjaga kestabilan harga di pasar terutama menjelang Bulan suci Ramadhan”, ujar Pasiter Kodim 0812/Lamongan itu.

Kodim 0812/Lamongan Bersama Disperindag Lakukan Sidak Harga Sembako di Pasar. Foto : Kabar1 (06/03/24)

Lanjutnya, dari hasil pantauan tersebut masih banyak harga barang yang relatif stabil seperti beras, minyak goreng dan ada juga beberapa harga barang yang mengalami kenaikan, seperti telor, gula pasir, daging ayam, dan cabe.

“Namun demikian, kami menilai masih dalam batas yang wajar itupun karena pembelian distribusi dari luar Daerah” pungkasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Disperindag Ibu Surahmi mengatakan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan harga sembako.

“Ini sebagai kontrol terhadap oknum pedagang yang sengaja menaikkan harga bahan bahan pokok terutama menjelang bulan Ramadhan” ujarnya.

Kodim 0812/Lamongan Lakukam Sidak Harga Sembako di Pasar. Foto : Kabar1 (06/03/24)

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Komandan Kodim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., mengatakan bahwa dirinya selalu menekankan Anggotanya untuk terus bersinergi dengan semua unsur dalam operasi kontrol bahan bahan pokok tersebut.

“Tingkatkan sinergitas dengan semua unsur terkait pelaksanaan sidak kontrol bahan bahan pangan.Dalam hal ini,Wilayah yang jauh akan kami percayakan kepada semua jajaran Danramil dan juga para Babinsa agar dapat menjamin bahwa kebutuhan masyarakat tidak ada masalah” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan operasi antisipasi kenaikan harga bahan pokok antara lain Pasi Ter Kodim 0812 Kapten Inf Sukri, S.Sos. bersama jajaran Babinsa Koramil 0812/01 Kota Lamongan
Kabid Wasnas dan penanganan Konflik Bapak Sapari , Kasubagum Kesbangpol Bapak Hari,Perwakilan dari Disperindag Ibu Surahmi dan Kepala Pasar Sidoarjo Bapak Riyanto. SH. (Pendim0812)