Kesehatan Babinsa Koramil 0812/09 Mantup Terus Pantau Perkembangan Penyakit PMK di Wilayah

Babinsa Koramil 0812/09 Mantup Terus Pantau Perkembangan Penyakit PMK di Wilayah

Kabar1Lamongan.com – Babinsa Koramil 0812/09 Mantup, Serka Faisol bersama Bhabinkamtibmas mengunjungi salah satu kandang ternak milik Bapak Ramijo warga Desa Mantup Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, Kamis (01/09/22).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi, mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku.Pada kesempatan itu, Serka Faisol mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi.

Sosialisasi juga diberikan oleh petugas. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja bersama untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di desa Mantup Kecamatan Mantup ini aman dari virus PMK

Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari petugas gabungan bersama dinas terkait ini, untuk hewan ternak sapi ada yang sudah terjangkit penyakit PMK.
“Ada beberapa sapi yang terjangkit PMK,namun sudah mendapat pengobatan dan penanganan khusus.Untuk itu, kami berharap agar peternak terus menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ujar Babinsa Serka Faisol.

Sebagai informasi, PMK ini tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, karena ada beberapa hewan atau ternak yang rentan tertular seperti kerbau dan kambing, yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun drastis. (Pendim 0812)