Lipsus Aster Kasdam V/ Brawijaya menerima silahturahmi kunjungan Bakorda FKBN Jawa Timur di...

Aster Kasdam V/ Brawijaya menerima silahturahmi kunjungan Bakorda FKBN Jawa Timur di Makodam V/ Brawijaya

Kabar1lamongan.com Membela negara bukan hanya tugas dan tanggung jawab dari aparat keamanan seperti TNI dan polisi saja.Namun juga hak sekaligus kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam membela negara sesuai dengan kemampuan masing-masing untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

Menurut UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, yang dimaksud dengan bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Bisa dilakukan dengan berkreatifitas UMKM, Industri Kreatif, seni budaya, pariwisata, koperasi dan lain sebagainya.

Hadir bersilahturahmi diterima dengan baik Bakorda FKBN Kediri Raya, Kota Surabaya dan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lamongan ke ruang Kolonel Arm W. Rimoko Ardani S.Sos. pada Kamis 21 Juli 2022 di Surabaya. Aster Kasdam V/ Brawijaya mengapreasi silaturahmi kehadiran rekan-rekan kader Bela Negara. Keberadaan kader Bela Negara sangat diperlukan bangsa kita.

Foto: Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Arm W. RimokoArdani S. Sos

Dikatakannya Bela Negara wajib mengontrol atau mendidik anak-anak Indonesia supaya menjadi warga negara yang berguna dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

“Perlunya memberi wawasan kebangsaan kepada pelajar dan mahasiswa oleh Kader Bela Negara agar kelak anak cucu kita menjadi generasi penerus bangsa yang memimpin negara berlandaskan ideologi Pancasila. Secara pribadi, saya sangat mendukung keberadaan Kader Bela Negara di Teritorial Jawa Timur,” pungkas Kolonel Arm W. Rimoko Ardani S.Sos.

Akhir Kristiono Amd. SH. dan R. Ocy Haryoto SH. MH. selaku Kader Bela Negara Jawa Timur mengatakan momen silahturahmi ke Aster Kasdam merupakan hal yang perlu dilakukan berkala dalam pembinaan kader bela negara.

” Kepala Bakorwil FKBN Propinsi Jawa Timur berhalangan hadir. Atas permintaan Aster Kasdam V/ Brawijaya, kami akan sampaikan ke Bakorpus FKBN. Ini hal yang positip dan berharap nantinya akan segera bisa dilaksanakan dari pusat, agar Kader Bela Negara dapat berbuat yang terbaik demi NKRI.” ucap Akhir Kristiono AMd. SH.Dikatakan R. Ocy Haryoto SH. MH.

Sementara itu, Kepala Bakorda Kabupaten Malang, pentingnya dasar wawasan bela negara kepada masyarakat mendekati tahun politik ini supaya tidak terjadi kepentingan politik adu domba. “Bersama rakyat, TNI kuat dan Negara hebat.” imbuh R. Ocy Haryoto SH. MH.(**)