Daerah Peringatan HTBS Tahun 2022 di Kabupaten Lamongan, Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan...

Peringatan HTBS Tahun 2022 di Kabupaten Lamongan, Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa

Peringatan HTBS Tahun 2022 di Kabupaten Lamongan, Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa.

Kabar1lamongan.com – Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2022, yang diperingati setiap tanggal 24 Maret itu dinas kesehatan Kabupaten lamongan melalui Puskesmas gelar sosialisasi TBC kepada kader TB di seluruh kecamatan se-kabupaten Lamongan. Seperti yang terpantau awak media Kabar1lamongan.com di desa Sidobinangun, kecamatan deket, kabupaten lamongan ini. Rabu, (23/03/2022).

Sosialisasi TBC kepada kader TB desa ini, bertema, “Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa,” Pengobatan gratis selama 6 bulan di puskesmas disediakan obat secara gratis. Hadir dalam giat tersebut seluruh kader TB desa, Bidan desa dan perwakilan untuk narasumber dari Puskesmas Kecamatan Deket.

Untuk diketahui, Indonesia termasuk delapan negara yang menyumbang 2/3 kasus TBC di seluruh dunia, Indonesia menempati posisi kedua setelah India dengan kasus sebanyak 845.000 dengan kematian sebanyak 98.000 atau setara dengan 11 kematian/jam.

Berdasarkan WHO Global TB Report 2020, faktor kurang gizi merupakan faktor risiko tertinggi penyumbang penyakit TBC. Berdasarkan hal tersebut, TBC dan Stunting merupakan hal yang tidak terpisahkan dan sangat penting untuk dilakukan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasi TBC tahun 2030 dan Penurunan Prevalansi Stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) secara global. HTBS dijadikan kesempatan untuk mendorong penetapan TBC sebagai isu prioritas pembangunan kesehatan nasional serta harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasi TBC tahun 2030.

Foto : Seminar Peringatan HTBS Tahun 2022 di Kabupaten Lamongan, Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa, di desa Sidobinangun Kecamatan Deket.

Sementara itu ungkap, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, dr Taufik Hidayat saat dihubungi melalui WhatsApp, mengatakan, “Angka kesakitan TB sampai saat ini masih cukup tinggi. Meskipun dokter, obat dan fasilitas sudah baik dan cukup tersedia. Untuk itu sekarang kita harus lebih fokus pada penemuan secara dini. Karena akan segera memutus rantai penularan dan mencegah TB BERAT dan RESISTEN.”

Lanjutnya, dr Taufik Hidayat, “Kegiatan dalam Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2022 ini adalah penemuan penderita dengan screening serentak se Kabupaten lamongan. Harapan kita temukan kasus TB sebanyak mungkin, dan Mendorong keterlibatan semua lapisan masyarakat dengan adanya kegiatan untuk ibu-ibu PKK melalui seminar peran PKK untuk lamongan eleminasi TB, diharapkan dapat memberikan target maksimal ke tingkat puskesmas dalam screening dengan membentuk PMO, paguyuban TB, dan lain sebagainya.”

Ditambahkan juga, oleh Kades Sidobinangun, Deket, Anang Fuadi pada rekan media. Semoga seminar tadi dapat Meningkatkan “sense of urgency Isu Tuberkulosis” di Lamongan baik dikalangan masyarakat kota sampai desa serta masyarakat pada umumnya. Meningkatkan leadership commitment dalam upaya eliminasi TBC khususnya di kabupaten lamongan. Semoga dengan adanya seminar tadi dapat meningkatkan keperdulian bersama dalam upaya sebagai bentuk pencegahan dan edukasi.”

Hal senada juga diungkapkan oleh bidan desa Sidobinangun, Hanik, “Adapun tujuan peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 kali ini adalah menempatkan TBC sebagai isu utama semua sektor di setiap tingkatan sehingga memperkuat komitmen semua pihak untuk berperan dalam upaya program pencegahan dan pengendalian TBC dimulai dari level desa,” Pungkasnya. (F2)

Kabar Satu Open Your Eye adalah podcast yang membahas semua tentang Lamongan dan semua hal yang sedang jadi trending topik, kami mencoba membuka tabir yang belum pernah dibahas dari sisi jurnalis yang kekinian, diulas dengan sopan dalam bahasa, dan santun dalam berita, beretika dalam sikap serta pemikiran.
Masih banyak hal menarik di sekitar kita yang bisa membuka mata kita akan sesuatu hal, apalagi kita masuk di era 5.0, Generasi milenial harus Produktif, membawa kabar yang mengedukasi, Kreatif, inovatif, inspiratif dan berintegritas. Jangan Lupa Klik dan Subscribe Yaa Kawan2 Lamongan dan Sekitarnya, Terima kasih banyak sebelumnya.