Daerah Pandemi Covid-19 Berdampak Kurang Baik, Pemdes Besur dan Pengelola Siapkan Master Plan...

Pandemi Covid-19 Berdampak Kurang Baik, Pemdes Besur dan Pengelola Siapkan Master Plan Kembalikan Kejayaan Wisata Besur Agro Edukasi

Pandemi Covid-19 Berdampak Kurang Baik, Pemdes dan Pengelola Siapkan Master Plan Kembalikan Kejayaan Wisata Besur Agro Edukasi.

Kabar1lamongan.com – Di tahun 2018 lalu, nama Desa Besur Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan sempat terkenal di dunia maya, pun juga dikenal masyarakat luas utamanya warga Lamongan sendiri lantaran adanya Wisata Besur Agro Edukasi, sebuah Agrowisata yang Instagramable serta edukatif. Namun munculnya Pandemi Covid-19 berdampak kurang baik bagi Agrowisata tersebut. Kini, Agrowisata tersebut tidak tampak seperti saat sebelum pandemi. Serta jumlah pengunjung pun berkurang drastis.

Di kantor Balai desa Besur, Abdan Syakuro selaku Sekretaris Desa menyampaikan bahwa faktor utama yang mengakibatkan Wisata Besur Agro Edukasi (WBAE) berubah drastis serta sepi pengunjung tidak lain adalah adanya Pandemi.

Foto : Wisata Besur Agro Edukasi, sebuah Agrowisata yang Instagramable serta edukatif.

“Ketika keadaan pandemi, masyarakat jarang keluar rumah, dan tentu hal tersebut berdampak pada pemasukan Agrowisata kami. Juga untuk perawatan tanamam-tanaman yang memang luar biasa pembiayaannya,” terang Abdan Syakuro.

Lebih spesifik lagi, WBAE selain sebagai Agrowisata juga sebagai percontohan Manajemen Tanaman Sehat (MTS). Meski tanaman yang ditanam kebanyakan berumur pendek namun ternyata hal tersebut memiliki tujuan tertentu.

“Memang kebanyakan tanaman di sana diperuntukkan untuk tanaman refugia yang mampu mengundang musuh alami. Itu sebabnya tidak banyak tanaman usia panjang yang ada di sana. Tapi kedepannya kita akan cari komposisi yang pas mengenai tanaman usia panjang yang memiliki fungsi sebagai refugia. Kita juga masih berkonsultasi dengan PUPT kita,” lanjut Abdan Saykuro.

Kedepannya Pemdes Besur dan pengelola serta pihak-pihak terkait Agrowisata tersebut memiliki rencana besar untuk mengembalikan kejayaan Wisata Besur Agro Edukasi agar nantinya Agrowisata ini akan kembali mampu menarik pengunjung.

“Kedepannya kita memiliki master plan untuk mengembalikan kejayaan WBAE. Ini masih kita garap bersama.”

Dion Faruk Alquraniawan
(Mahasiswa Magang – Prodi Sosiologi FISIP UMM).

Baca Juga :

SMP Negeri 1 Pucuk Dalam Pelaksanaan Swab Tes Pada Siswa didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Tonton Youtube Channel Kami :