Agro Sektor Dialog Kemaritiman BKNU Lamongan Sekaligus Tanam Kelapa Kopyor Untuk Peringati Hari Tanam...

Dialog Kemaritiman BKNU Lamongan Sekaligus Tanam Kelapa Kopyor Untuk Peringati Hari Tanam Pohon Nasional 2021

Kabar1Lamongan.com – Dialog yang dilaksanakan secara sederhana namun khidmat di pesisir pantai IAI TABAH (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah) Desa Kranji Kecamatan Paciran, Lamongan pada Minggu, 28 November 2021 yang berlangsung tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan dialog yang dihadiri oleh BKNU (Badan Kemaritiman Nahdhatul Ulama’), PCNU (Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama’) Drs. H. Supandi, Rektor IAI TABAH (Dr. Alimul Muniroh, M. Ed), Camat Paciran, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lamongan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan, Kapolsek Paciran, Kepala Desa, Imam Fadli, M.IP., M. Si., (Dewan Fraksi Gerindra). Membahas tentang kemaritiman serta upaya masyarakat pesisir dalam memelihara serta merawat wilayah pesisir agar selalu terjaga dan terhindar dari abrasi.

Dialog yang dibuka dengan do’a oleh Ketua PCNU (Drs. H. Supandi Awalludin M. Pd), serta dilanjutkan MoU PCNU Lamongan kepada Rektor IAI TABAH, serta penandatanganan nota kerjasama BKNU yang diwakili Imam Syafi’i, S. Pd. dengan pihak LPPM IAI TABAH, ditandai secara simbolis penyerahan bibit kelapa Kopyor dari BKNU kepada rektor IAI TABAH.

Diskusi berlanjut pada sesi tanya jawab mengenai kemaritiman serta jajak pendapat masyarakat pesisir yang diwakili oleh mahasiswa undangan, Setelah dialog dan diskusi selesai dan ditutup dengan sesi do’a bersama, Penyerahan MoU dan foto bersama.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, setelah dialog Kemaritiman, disambung dengan peringatan Hari Tanam Pohon Nasional 2021 yang juga bertepatan jatuh pada tanggal 28 November. Tujuan Penanaman pohon kelapa kopyor di bibir pantai selain menangkal abrasi juga karena pohon kelapa memiliki manfaat dari segi ekonomi, Mulai dari akar hingga buahnya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Pohon kelapa termasuk salah satu tanaman yang juga biasa tumbuh di tepi pantai. Di pesisir pantai utara dulu sangat kaya akan adanya pohon kelapa, Perlu juga diketahui, pohon ini kaya manfaat juga bisa tumbuh hingga puluhan tahun.

“Ini wujud keperdulian Kita terhadap lingkungan, kita mengawali kegiatan ini dengan tanam tumbuhan kelapa ini secara swadaya teman-teman BKNU, mudah mudahan kedepannya kegiatan seperti ini juga bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Selain itu pohon kelapa ini dari semua bagiannya dapat diolah menjadi sesuatu yang berharga, ada beberapa kegunaan dari pohon kelapa, Pohon kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Mulai dari dijadikan bahan makanan sampai kerajinan sekalipun,” tutur ketua BKNU (Badan Kemaritiman Nahdhatul Ulama’), Minggu (28/11/2021).

Berikut beberapa kegunaan dari pohon kelapa bagi kehidupan manusia :

1. Buah kelapa: beragam makanan, minuman, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Sabut kelapa: spons cuci piring dan keset.

3. Batok kelapa: arang serta kerajinan tangan.

4. Daun kelapa: atap rumah, pembungkus makanan (ketupat), dan lainnya.

5. Akar tanaman kelapa: kerajinan tangan dan mencegah erosi tanah di bibir pantai.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Imam Fadli, M.IP., M. Si yang adalah anggota Dewan dari fraksi Gerindra dapil 5 mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan tanam pohon kelapa kopyor di wilayah pesisir ini, dulu banyak sekali pohon kelapa dan ini sekarang mulai dibangkitkan kembali, Dan bisa di tanam sepanjang 47Km di pesisir pantai utara lamongan ini. BKNU kedepan juga akan bersinergi dengan kami, untuk program-program lainnya, semoga kondisi segera normal, tidak ada Recofusing dan bisa adanya dana aspirasi untuk penanaman pohon kelapa lanjutan. Seluruh elemen masyarakat juga harus terlibat untuk ikut peduli dan menanam pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai utara lamongan,” terangnya.

Secara umum, kegiatan ini ditutup secara resmi dengan ditandai secara simbolis penanaman pohon kelapa kopyor oleh masing-masing tamu undangan yang ikut menghadiri.(yon/F2)