Kesehatan Kelas Khusus Ibu Hamil Di Balai Desa Kesambi Pucuk

Kelas Khusus Ibu Hamil Di Balai Desa Kesambi Pucuk

Kabar1lamongan.com – Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ).

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran. Kamis,(16/09/2021).

“Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, dapat mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu, waktu pembahasan materi menjadi efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik, ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan,” Ungkap Kades Kesambi Ainun Najib.

Pertemuan kelas ibu hamil ini dilaksanakan di bali desa Kesambi yang dihadiri oleh 9 peserta. Pertemuan diisi dengan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh saat hamil. Setelah pemaparan materi oleh bidan, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil.

“Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekkan setelah sampai di rumah. Tujuan kelas ibu hamil diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu (AKI) di wilayah kerja Puskesmas Pucuk,” tutup Ainun Najib.(**)