Daerah Warga 003/004 Sidogembul Sukodadi Semarakkan HUT RI 76 dengan Lomba Panjat Pinang

Warga 003/004 Sidogembul Sukodadi Semarakkan HUT RI 76 dengan Lomba Panjat Pinang

Kabar1Lamongan.com – Banyak cara untuk menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke – 76. Diantaranya melaksanakan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat dan mampu menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

Salah satu sikap cinta terhadap tanah air adalah dengan memupuk rasa persaudaraan dan gotong royong diantara warga sekitar.

Dalam momentum bulan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak sekali diisi dengan kegiatan tersebut. Salah satunya perlombaan panjat pinang.

Dalam perlombaan panjat pinang terdapat filosofis dan makna mendalam. Seperti kekompakan, kebersamaan dan gotong royong.

Tepatnya pada hari Minggu (22/8/2021) Warga RT 003 RW 004 Dusun Pagak Desa Sidogembul Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan membuat acara lomba panjat pinang yang dimotori oleh pemuda dan pemudi RT setempat.

Firdaus Ardiyansyah, selaku ketua pemuda RT setempat menyampaikan bahwa kegiatan lomba panjat pinang ini telah dilaksanakan sejak tahun-tahun sebelumnya. Karena lomba panjat pinang sangat menarik dan membuat antusias baik bagi peserta maupun penonton.

“Lomba panjat pinang ini sudah kita laksanakan beberapa kali setiap momentum peringatan HUT RI, karena lomba ini diminati baik oleh peserta maupun penonton” terang Ardi di sela-sela acara lomba dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama, Afifin, selaku ketua RT 003 RW 004 juga menyampaikan bahwa kegiatan panjat pinang merupakan bentuk semangat dari para pemuda-pemudi di RT yang dipimpinnya.

“Kegiatan ini merupakan hasil kerja keras pemuda-pemudi RT kami, dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke – 76” Kata Afifin.

Untuk diketahui, kegiatan lomba panjat pinang merupakan permainan tradisional dengan media tiang yang terbuat dari pinang atau bambu yang sudah dikuliti atau diberi pelicin dan ditancapkan ke tanah. Diatasnya digantungkan berbagai macam hadiah menarik yang diberikan bagi peserta yang dapat mencapai puncak.(**)