Daerah Bersama Bersihkan Enceng Gondok

Bersama Bersihkan Enceng Gondok

Kabar1Lamongan.com – Sejumlah anggota Koramil 0812/02 Deket Bersama anggota Kepolisian Deket terjun langsung ke sungai di Desa Tukerejo Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan guna membersihkan tumpukan enceng gondok yang memenuhi permukaan sungai, Jumat (11/06/2021)

Kegiatan yang diprakarsai Danramil 0812/02 Deket Kapten Arh Suherman ini, mendapat respon baik dari warga. Hal itu dibuktikan sejumlah warga dan Muspika turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Sungai ini sebetulnya telah kita bersihkan sejak beberapa waktu yang lalu bersama masyarakat, namun sifat tumbuhan kian hari kian berkembang, maka tidak kita pungkiri akan tumbuh dengan cepat. Sehingga perlu penanganan ektra,” ungkap Danramil

Terkait hal ini, Koramil 0812/02 Deket akan senantiasa memantau perkembangan enceng gondok tersebut agar tidak berdampak negatif bagi kehidupan warga setempat.

“Selain itu agar saluran air dapat lancar. Dengan begitu akan memanimalisir dampak banjir yang di musim penghujan,” katanya.

Kapten Arh Suherman menambahkan, pembersihan sungai di Desa Tukerejo Kecamatan Deket ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan.

“Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan bekerja keras dengan gerakan kebersihan lingkungan seperti yang hari ini dilaksanakan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana seperti banjir,” tegasnya.(**)