Daerah LA Mart Milik BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri di Resmikan Bupati

LA Mart Milik BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri di Resmikan Bupati

Kabar1Lamongan.com – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi meresmikan Gedung LA Mart milik BUMDESMA (Badan Usaha Milik Desa Bersama) PUCUK UNGGUL MANDIRI, di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan, Jum’at (07/05/2021).

“Selamat atas berdirinya LA Mart – BUMDESMA PUCUK UNGGUL MANDIRI, semoga LA Mart ini juga bisa menyediakan jasa lain, misalnya peralatan pertanian seperti yang lagi trend di daerah lain,” ucap Bupati Yuhronur dalam sambutannya.

Lanjut Bupati Menurutnya saat ini terdapat dua hal yang harus dihadapi yakni pandemi Covid 19 dan turunnya pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lamongan sebelumnya mencapai 5,5% dan saat pandemi turun menjadi -2,65%. Hal tersebut membuat kita harus berusaha menggeliatkan perekonomian khususnya industri kecil menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salahsatunya melalui BUMDes” ungkap Bupati YES.

Bupati YES juga mengungkapkan bahwa BUMDes mempunyai peran sebagai fasilitasi pemasaran produk hasil IKM dan UMKM, berperan penting dalam perputaran uang masyarakat yang selanjutnya melalui multiplier effectnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi.

Oleh karenanya Beliau juga selalu mendukung kegiatan ini sebagai salah satu solusi menggairahkan perekonomian Kabupaten Lamongan.

Dan pada kesempatan yang sama Beliau selalu berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap melaksanakan protokol Kesehatan dan patuh pada himbauan pemerintah pusat untuk tidak melakukan mudik lebaran.

“Kabupaten Lamongan telah masuk zona kuning meskipun begitu protokol Kesehatan harus tetap dilaksanakan jangan sampai momen lebaran membuat kita lengah karena Covid 19 masih ada,” Harap Bupati YES.

Selain itu, Bupati Yuhronur juga berharap LA Mart – BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri ini menjadi sarana jualan produk warga sekitar, sehingga semakin banyak warga yang produktif akan dapat membantu perekonomian Lamongan untuk bangkit kembali.

“LA Mart – BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri ini juga harus jualan produk warga sekitar. Sebagaimana gerakan #AyoBeliProdukLamongan yang dicanangkan Pemkab Lamongan untuk membantu para pelaku UMKM bangkit dari imbas pandemic Covid-19,” harap Bupati Yuhronur.

Dalam acara ini juga diadakan gebyar BUMDes dan aneka produk UMKM. Untuk itu, Bupati Yuhronur menghimbau pada masyarakat setempat, untuk selalu terapkan protokol kesehatan, karena virus Covid-19 telah bermutasi menjadi lebih berbahaya.

Sementara itu, Camat Pucuk, Dedy Dian Ali berterima kasih kepada Bupati Yuhronur yang telah meresmikan Gedung LA Mart – BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri yang satu – satunya BUMDESMA di Lamongan yang mempunyai asset gedung dan mobil.

“Alhamdulillah gedung LA Mart – BUMDESMA Pucuk telah diresmikan Bupati Lamongan. Selain gedung dan mobil, saat ini asset BUMDESMA Pucuk mencapai Rp.5,7 Milyard dari awal kami masuk hanya Rp.600 juta-an. Itu semua hasil peran pengurus dan jajarannya yang banyak memberi manfaat untuk masyarakat khususnya pada simpan pinjamnya,” ungkap Camat Dedy.

Camat Dedy menambahkan, bahwa BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri telah berdiri selama 4 tahun tepatnya pada tahun 2018, dan dengan adanya Gedung LA Mart – BUMDESMA Pucuk ini, harapannya aneka produk UMKM Se- Kecamatan Pucuk dan sekitarnya dapat terakomodir, sehingga taraf perekonomian masyarakat meningkat.

“Selain peresmian gedung LA Mart – BUMDESMA Pucuk, sekarang diadakan gebyar BUMDes dan aneka produk UMKM. Harapannya hasil aneka produk dari BUMDes nantinya dapat dikelola oleh unit toko BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri, yakni LA Mart,” tambah Camat Dedy.

Hal senada disampaikan Pimpinan BUMDESMA Pucuk, Taslimin suwiryo bahwa sejak berdirinya BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri tahun 2018, saat ini sudah mempunyai unit toko LA Mart yang menampung aneka produk lokal masyarakat Pucuk dan sekitarnya.

Masih dalam kesempatan ini, Kades Kesambi, Ainun Najib berharap dengan diresmikannya LA Mart – BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri (LA Mart) menjadikan aneka produk BUMDes seperti BUMDes Kesambi Sejahtera dapat lebih maju dan terima pasar secara luas.

“Dengan adanya LA Mart di Pucuk ini, dapat menyemangati BUMDes dalam menjalankan usahanya, khususnya kepada BUMDes Kesambi Sejahtera yang saat ini menampilkan 2 produk unggulan, yakni arumanis dan gandulio,” harap Kades Kesambi, Ainun Najib.

Penting diketahui, acara peresmian LA Mart – BUMDESMA Pucuk Unggul Mandiri serta Gebyar BUMDes dan aneka produk UMKM yang berlangsung meriah ini, diikuti BUMDes dari Desa Kesambi, Pucuk, Cungkup, Babatkumpul, Sumberjo, Padenganploso, UMKM Fira Bakery dan BUMDes lainya.(**)