Daerah Pemuda Desa Gempolpading lakukan kegiatan bersih-bersih makam tua dalam rangka perawatan dan...

Pemuda Desa Gempolpading lakukan kegiatan bersih-bersih makam tua dalam rangka perawatan dan berziarah

Kabar1lamongan.com – Banyak desa yang memiliki situs leluhur dimana keberadaannya menjadi bukti sejarah akan berdirinya kampung tersebut ataupun legenda dimasa lampau, sehingga kondisinya selalu terawat dan menjadi tempat ziarah. Senin (12/04/2021).

Seperti yang dilakukan sekelompok pemuda Desa Gempolpading kecamatan Pucuk ini misalnya, melakukan kegiatan bersih-bersih makam tua yang dikenal dengan makam Mbah Roto dalam rangka melakukan perawatan dan berziarah sebagai bentuk anjuran agama Islam untuk mengingat bahwa kelak manusia juga akan meninggal dunia.

“Ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan teman-teman supaya makam terus terawat sehingga para peziarah merasa nyaman, dan kegiatan ini juga supaya kita ingat kalau suatu saat pasti akan mati” ujar Suto.

Ditengah derasnya hujan tak membuat mereka patah semangat, karena dengan sarana berziarah di makam leluhur ini menjadi bentuk ajang silaturahmi antar pemuda dan masyarakat kampung.

“Sambil kerja bakti juga silaturrahmi dengan teman-teman sehingga menambah keakraban” sambung Bisri koordinator kegiatan tersebut. (Mif/MSF/yos’03)