Daerah Bawa Jatim AKSI, Rois Sunandar Maming Caketum BPD HIPMI Jatim Lawatan Ke...

Bawa Jatim AKSI, Rois Sunandar Maming Caketum BPD HIPMI Jatim Lawatan Ke HIPMI Kabupaten Lamongan

Kabar1lamongan.com – Rois Sunandar Maming, Setelah resmi ditetapkan sebagai Calon Ketua Umum BPD HIPMI Jatim 2021-2024 beberapa waktu lalu, dirinya memaparkan visi dan misinya kepada seluruh anggota Hipmi Jatim dengan Turba di beberapa kota sekaligus. Seperti halnya hari ini RSM ( Rois Sunandar Maming ) mengunjungi BPC HIPMI Kabupaten Lamongan bersama Beberapa Anggota HIPMI. Kamis (11/03/2021).

Setelah dari Gresik, RSM Melaju Cepat Hadir di tengah tengah Anggota HIPMI Lamongan. Rois Sunandar Maming (RSM) disambut oleh Ketua BPC.HIPMI Lamongan Khafid Ilhyauddin dan Anggota HIPMI Lamongan. Ikut dalam rombongan RSM para Pengurus BPC. HIPMI Gresik dan sejumlah pengurus aktif HIPMI Jatim.

Bertempat di Depot Asih Jaya, yang terkenal dengan Soto Lamongannya yang Khas itu, Dalam sekilas dalam sambutannya Caketum BPD.HIPMI Jatim itu menuturkan bahwa menjadi Ketua HIPMI Jatim itu memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang sangat besar untuk bisa berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Jatim, Terlebih di saat ekonomi Nasional sedang lesu akibat pandemi Covid-19 ini.

“Kita Harus cepat dan tanggap. HIPMI harus mampu mengambil peran, Program kerja itu yang konkrit-konkrit saja. Kerja, evaluasi, kerja, evaluasi. Begitu seterusnya,” ujar Rois Sunandar Maming.

Menurutnya, sudah saatnya HIPMI Jatim memacu strategi, bagaimana kemudian lapangan usaha baru bisa muncul yang nantinya akan melahirkan lapangan pekerjaan baru bagi pekerja di Jatim. Hal ini penting mengingat tingkat pengangguran di Jatim kian meningkat selama masa pendemi Covid-19.

Rois juga memaparkan program yang diusungnya, yaitu Jatim AKSI, kependekan dari amanah, kolaboratif, solutif, dan inklusif. “Amanah, memberdayakan dan membentuk pengusaha muda yang terpercaya, bertanggung jawab, dan dapat menjaga komitmen. Kolaboratif, menjadikan HIPMI Jatim sebagai pusat kolaborasi, center of Collaboratoration, di mana semuanya akan membentuk ekosistem bisnis yang memperkuat daya saing ekonomi daerah. Solutif yang artinya bahwa HIPMI harus memberi solusi bagi pengusaha muda. Dan inklusif, HIPMI akan menjadi rumah bagi semua pengusaha muda, mulai pengusaha tingkat mikro sampai pengusaha besar,” pungkasnya.

RSM juga berpesan Pada pengurus Lamongan supaya HIPMI Jatim kedepan harus bisa lebih memperhatikan perkembangan UMKM Lokal agar mereka bisa terus berkembang dan mampu menembus pasar ekspor. Seperti Kadin Jatim memiliki program Surabaya Export Center. Kadin Jatim juga telah membuat standar kurasi produk ekspor. Ini nanti bisa disinergikan dengan HIPMI se-Jatim, tandasnya.

“HIPMI Jatim harus menjadi katalisator lahirnya enterpreneur muda. Menurutnya, saat ini, menjadi pengusaha bukan menjadi tujuan utama anak muda, tetapi lebih banyak karena keterpaksaan. Menjadi pengusaha itu tujuan, bukan pelarian. Karena sekarang hampir semua jadi pelarian, sehingga ini tidak disiapkan. Dalam sebuah negara harus banyak yang menjadi wirausahawan dan HIPMI harus menyiapkan hal itu, bagaiman agar generasi muda kedepan itu visinya jadi pengusaha. Jangan pengusaha pelarian,” terang Rois.

Pada kesempatan yang sama, Sementara itu Ketua BPC.HIPMI Lamongan Khafid Ilhyauddin berharap agar nantinya jika RSM sudah terpilih, HIPMI Lamongan bisa bersinergi dengan HIPMI Jatim dan HIPMI pusat terutama dalam hal pengembangan market untuk produk produk UMKM lamongan.

Ungkap Khafid Ilhyauddin bahwa produk UMKM lamongan ada ribuan jumlahnya, banyak pada milenial lamongan yang menjadi pelaku UMKM di lamongan.

” Banyak Produk produk UMKM lamongan yang baik dengan kualitas bagus, pemuda pemudi kita (lamongan) kreatif dan inovatif, jadi produk umkm lamongan tidak berkutat di kabupaten lamongan saja akan tetapi mereka bisa mengembangkan jaringan pemasaran ke nasional, Karena banyak yang kesulitan terhadap marketingnya”, ujar Khafid Ilhyauddin.

Kedepan BPC HIPMI lamongan akan melakukan Digitalisasi kelompok usaha di seluruh kabupaten lamongan, dengan tujuan untuk mensurvey produk produk UMKM lamongan sampai ke tingkat desa dan potensi apa saja yang belum terekspose dan keluhan apa saja yang ada di Para pelaku UMKM Lamongan khususnya. HIPMI lamongan akan mencetak 5 pengusaha baru sampai di tingkat desa. (F2)