Daerah Giat Maraton atas Pengusulan Pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih hasil Pemilukada

Giat Maraton atas Pengusulan Pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih hasil Pemilukada

130
0

Kabar1Lamongan.com – Tahapan Pemilukada Lamongan hampir berakhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Lamongan dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020, di ruang Media Center KPU, Jum’at (19/2).

Diungkapkan Ketua KPU Mahrus Ali dalam rapat, bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 ini merupakan pemilihan dengan tahapan waktu terpanjang, dimana tahapan diawali mulai September 2019 dan sempat cut-off awal tahun 2020 kaena pandemi covid. Ia juga menyatakan bahwa antusiasme dan partisipasi masyarakat Lamongan sangat luar biasa, peserta pemilihan mampu melebihi target yang ditetapkan nasional.

“Kami jajaran KPU Lamongan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah mendukung penuh dalam setiap tahapan pemilihan 2020. TNI-Polri beserta jajaran yang telah memberikan back-up penuh terkait pengamanan mulai tahapan awal sampai berakhirnya tahapan ini,” ucap Mahrus Ali.

Pemerintah Kabupaten Lamongan secara penuh mendukung pelaksanaan tahapan Pemilukada hingga tuntas. Bersama jajaran TNI Polri, Pemkab Lamongan kawal dan lakukan pengamanan pelaksanaan pemilukada Lamongan 2020.

Dalam rapat pleno terbuka ini, KPU Lamongan menetapkan pasangan calon nomor urut 2 atas nama Dr. H. Yuhronur Efendi dan Drs. KH. Abdul Rouf sebagai sebagai paslon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Lamongan dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020. Palon nomor urut 2 ini memperoleh suara sebanyak 336.154 suara atau 41,78 persen dari total suara sah.

Dihadiri oleh Plh Bupati Aris Mukiyono bersama jajaran Forkopimda Lamongan, serta paslon terpilih bersama tim sukses paslon, rapat pleno ini berjalan dengan aman dan lancar.

Berhalangan hadir, paslon nomor urut 1 (Suhandoyo-Astiti) dan paslon nomor urut 3 (Kartika-Sa’im) melalui perwakilannya menyampaikan permohonan maaf jika selama tahapan pemilukada terdapat kesalahan dan kekurangan, serta mengucapkan selamat kepada Bupati terpilih.

Calon Bupati terpilih, Yuhronur Effendi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya pilkada secara tertib, aman, baik, dan lancar. “Terima kasih Penyelenggara (KPU), Forkopimda, dan seluruh masyarakat Lamongan yang telah berpartisipasi mensukseskan acara.

Kemenangan yang kita raih adalah kemenangan masyarakat. Amanat yang disampaikan masyarakat tidak akan kami sia-siakan, sebisa mungkin akan kami implementasikan. Mari bergandengan dan bekerjasama untuk kemajuan dan kesejahteraan Lamongan,” pungkasnya.

Secara maraton Rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih juga digelar di hari yang sama. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Arif Bakhtiar.

“Mendagri sudah berkirim surat perihal pelantikan Bupati / Wakil Bupati. walikota/wakil walikota. Bahwa untuk daerah yang masa jabatannya habis pada Februari, dan Mahkamah Konstitusi sudah menetapkan untuk tidak dilanjutkan perkaranya, pelantikannya akan dilakukan oleh Gubernur pada Minggu IV Februari,” Ungkap Arif Bakhtiar.

Masih menurut Arif Bakhtiar, Pemkab Lamongan, bersama KPU dan DPRD berkomitmen untuk memenuhi ketetapan Mendagri tersebut. Sehingga Bupati dan Wakil Bupati terpilih Lamongan bisa dilantik serentak pada Minggu IV Februari.

“Karena itu dalam hanya dalam sehari ini, mulai pleno di KPU jam 9 pagi kemudian langsung dilanjutkan paripurna di DPRD, kami secara maraton melakukan percepatan proses pengusulan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih,” Tambah Arif Bakhtiar. (*)