Daerah Catatan Sejarah, Pusat Koperasi Wanita RAT Lebih Awal

Catatan Sejarah, Pusat Koperasi Wanita RAT Lebih Awal

169
0
Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Kadiskopum kepada pengurus Puskopwan
Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Kadiskopum kepada pengurus Puskopwan

Kabar1lamongan.com – Agenda rutin tahunan dan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi merupakan momentum yang menjadi keharusan dilakukan oleh pengurus dan pengawas koperasi kepada anggotanya. Baik koperasi Primer yang beranggotakan orang perorangan atau Koperasi sekunder yang beranggotakan badan hukum koperasi-koperasi primer.

Pertanggung jawaban dalam rangka tutup buku tahunan yang biasa familier disebut Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Senin, 15 Februari 2021 diselenggarakan oleh Pusat Koperasi Wanita (Puskopwan) Lamongan bertempat Grand Mahkota Hitelt Lamongan dengan mengundang seluruh perwakilan paguyuban Kopwan di masing-masing kecamatan atas nama anggota, Kepala Dinas Koperasi dan UM Lamongan, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lamongan dan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kementerian Koperasi dan UKM RI yang tersebar di wilayah kabupaten Lamongan.

Dalam sambutan pembuka Hj. Umuronah selaku ketua Puskopwan masa bhakti 2020-2023 menyampaikan bahwa untuk mencapai keberhasilan perlu adanya kerjasama yang maksimal dari berbagai pihak

“Kami nenghimbau agar Koperasi-koperasi Wanita baik pola konvensional maupun syariah untuk bergabung di Puskopwan Lamongan. Dana yang tersedia di Puskopwan harus di manfaatkan oleh seluruh anggota sehingga mampu meningkatkan pendapatan Puskopwan” tuturnya

Sebagai upaya untuk mempercepat laju perkembangan usaha Puskopwan beliau juga meminta kepada seluruh ketua paguyuban dan para PPKL mensosialisasikan dan mendorong seluruh Kopwan bergabung serta memanfaatkan dana agar dapat dipinjam guna pengembangan usaha anggotaSambutan dan Pembianaan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UM Lamongan

 

Apresiasi disampaikan oleh Drs. Siswo, M.Pd ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lamongan bahwa Puskopwan Lamongan merupakan Pusat Koperasi yang melaksanakan RAT petama kali kategori koperasi sekudner.

“Diantara peran Dekopinda Lamongan terhadap koperasi adalah edukasi dalam hal pengembangan SDM pengurus atau anggota, Advokasi dalam hal permasalahan hukum yang dihadapi Koperasi dan Fasilitasi terkait dengan program-program pemerintah atau swasta kepada koperasi dalam hal ini Dekopinda sebagai jembatan penghubung” Ujar Siswo selaku ketua Dekopinda Lamongan 2021 – 2025.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (UM) Lamongan Drs. Agus Suryanto, MM dalam kesempatan ini menghimbau agar semua koperasi tetap melaksanakan RAT tahun buku 2020 terlepas dimasa pandemi Covid-19.

“Koperasi tetap melaksanakan RAT dengan memperhatikan aturan yang ada sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop) mengatur tata cara pelaksanaan rapat anggota. Laksanakan dengan sederhana dan patuhi protokol Kesehatan, apabila ada kesulitan maka silahkan meminta pembianaan kepada PPKL yang bertugas di masing-masing kecamatan” Terangnya

Peranan Kopwan di desa-desa harus mampu memerangi para rentenir yang biasa disebut bank titil. Jika Kopwan mengalami kekurangan dana dapat berhubungan dengan Puskopwan Lamongan masalah pendanaan. Baliau juga menghimbau agar Kopwan tidak hanya bergerak di simpan pinjam saja, tetapi memanfaatkan peluang yang ada di masing-masing desa.

Kepala Dinas Koperasi dan UM Lamongan juga menyampaikan terkait penyaluran bantuan bagi pelaku Usaha Mikro tahun 2020 yang dikenal Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) dan Informasi BPUM tahun 2021.

“Terkait dengan informasi BPUM tahun 2021 belum ada, kami belum menerima informasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI terkait dengan kapan dibukanya pendaftaran BPUM sampai saat ini” Terang Agus Suryanto.

Penyerahan Cinderamata oleh Ketua Puskopwan kepada Pembina
Penyerahan Cinderamata Puskopwan kepada Pembina

Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Lamongan sekaligus pembina Puskopwan Mahdzuma, M.Pd dalam sambutannya menghimbau agar pengurus Kopwan di desa-desa mengikuti perkembangan teknologi informasi (IT) termasuk dalam pengelolaan koperasi di masing-masing desa, harus melek teknologi. ” HP Pengurus biar lebih manfaat dapat digunakan untuk media pengembangan usaha dan sebagai laporan Kopwan” Tuturnya.

Dalam kesempatan ini beliau berpamitan menjelang masa akir jabatan Bupati Lamongan dan dilanjutkan membuka RAT Puskopwan Lamongan tahun buku 2020.

Kegiatan dilanjutkan dengan agenda utama, yakni Penyampaian laporan pertanggung jawaban oleh pengurus dan pengawas Puskopwan Lamongan sekaligus Pembahasan rencana program kerja (RK) dan rencana anggaran pendapatan dan biaya (RAPB) Koperasi tahun 2021. (yos”03)