Daerah Pelantikan Pengurus PMKM Prima Indonesia Cabang Kabupaten Lamongan dan Seminar Kewirausahaan, Sukses...

Pelantikan Pengurus PMKM Prima Indonesia Cabang Kabupaten Lamongan dan Seminar Kewirausahaan, Sukses Digelar

408
0

Kabar1Lamongan.com – Para pengiat UMKM Lamongan yang tergabung dalam Organisasi PMKM Prima Indonesia cabang Kabupaten Lamongan ini, Pada hari Rabu tanggal 10/02/2021 bertempat di Pinky cafe & Resto Lamongan, Mengadakan Pelantikan Pengurus PMKM Kabupaten Lamongan dan seminar kewirausahaan dengan tema Menjadikan pengusaha UMKM milenial yang berdikari dan berdaya saing.

Acara yang di mulai dari pukul 10.00 wib. sampai pukul 14.00 wib. di mulai dengan kegiatan Pelantikan Pengurus dan dilanjutkan dengan acara seminar UMKM ini mendapat antusias luar biasa dari para peserta yang hadir. Mereka langsung diberikan bekal materi keilmuan pengetahuan dan pengalaman tentang usaha UMKM okeh para pakar dan kedinasan terkait secara Lengkap.

Ungkap ketua PMKM Prima Cabang Kabupaten Lamongan ini, Rozikin, M.Pd mengatakan ” Banyak kiat-kiat sukses dari pembahasan para mentor yang menjadi narasumber, tentang bagaimana untuk menjadi pengusaha yang yang luar biasa sehingga dengan adanya kegiatan ini kita mempunyai kemampuan secara ekonomi kuat & mandiri dan bisa menebar kemanfaatan yang lebih pada masyarakat”.

Dari adanya seminar ini diharapkan para pelaku umkm lamongan mempunyai kemampuan secara ekonomi mandiri.

Hadir dalam acara ini, dari Perwakilan Dinas Koperasi dan usaha mikro Kabupaten Lamongan, Perwakilan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Desa  Sukorame : Angel Emitasari yang juga selaku Pembina, Kadin Surabaya : Ivy Juana, S.sos, SH,MH dan pengurus DPD Jatim : Nur Cholik, ST ; Ketua DPP PMKM Prima Indonesia Dari Jakarta : Mochamad UMAR, serta Ketua Forum UMKM Mandiri Jawa timur : Nico Trisno Prahono.

“Alhamdulillah undangan yang hadir 90%. acara seminar ini luar biasa dan sukses, setelah acara ini yaitu rapat rapat kerja program selama 5 tahun (2020 sampai tahun 2025) dewan pengurus cabang. kedepan kita akan membuat kelas kewirausahaan, SINAU Kewirausahaan yang nanti akan kita buat 2 klaster yang ada di Lamongan kota dan di karanggeneng, jadi kita nanti selain kita ngomong kemandirian wirausaha secara keilmuan tapi juga tentang sektor sosial,” ujar Rozikin M.Pd, Ketua PMKM Prima Mandiri Cabang Lamongan.

Dalam Program kerjanya PMKM Prima Mandiri Cabang Lamongan, minimal 1 bulan sekali akan mengadakan kelas kewairausahaan, dan untuk meningkatkan suksesi para pengusaha umkm disusul dengan adanya Program usaha bersama. Yang mana Usaha bersama-sama itu untuk mendongkrak pengembangan usaha yang dimiliki Pengurus PMKM melalui badan perkoperasiannya yaitu Koperasi Koin Prima Sejahtera.

Rencananya PMKM Prima Indonesia Cabang Lamongan ini Kedepan juga akan mengembangkan Kepengurusan nya dengan membuat pengurus kecamatan yang ada di 27 kecamatan dan pengurus ranting desa di seluruh kabupaten Lamongan.

Sementara itu Kepala Desa Kedungkumpul Kecamatan Sukorame, Angel Emitasari selaku salah satu Pembina PMKM Prima Indonesia Cabang Lamongan, memberikan semangat dan motivasi kepada pelaku UMKM mengatakan dengan adanya pelantikan PMKM Prima Indonesia hari ini bisa menjadi wadah untuk mengembangkan dan membangkitkan UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan.

“Semoga adanya pelantikan DPC PMKM Prima Indonesia bisa membangkitkan semangat para pelaku UMKM yang ada di Lamongan serta bisa menjembatani segala persoalan yang dihadapi pelaku UMKM,” kata Kades yang viral karena paras cantiknya.

Sekilas membahas tentang Organisasi PMKM ini, PMKM adalah organisasi UMKM. Pengusaha kecil mikro menengah disingkat PMKM Prima Indonesia ini mendeklarasikan kepengurusan di tingkat dewan pengurus pusat, dengan kantor sekretariat di komplek AL.Jl.Teluk Betung No.48B Rawa Bambu, pasar minggu Jakarta-Selatan, acara tersebut di hadiri oleh seluruh pengurus tingkat pusat dan di lantik langsung oleh dewan pembina Laksda TNI (Purn) Ir.Agus kowo budi utomo.

Ketua Umum PMKM Prima Indonesia dinakodai oleh Moch.Umar, Ketua harian Endang Suherman, Sekretaris umum Kurnia Brata Diredja , Bendahara umum Dra.Syarifah Hadijah,MBA dengan penguatan bidang organisasi nya Heru Prasetyo, Haryanto dan Toto Sugiarto, serta diantara lainnya berisi 15 ketua bidang di penguatan struktural pengurus pusat. Dengan di kukuhkan seluruh pengurus yang tertuang dalam SK kepengurusan dan penyerahan bendera Pataka mewujudkan simbol bahwa PMKM sudah bisa melaksanakan seluruh visi misi organisasi dalam program kerja 100 hari ke seluruh DPD PMKM Provinsi di Seluruh Indonesia .

Di masa keprihatinan bangsa yang sedang mengalami musibah wabah Covid-19,dengan lumpuh nya segala sektor ekonomi termasuk menggerus para pelaku usaha baik skala besar dan pengusaha UMKM,di perlukan langkah serius pemerintah dalam membuat kebijakan pemulihan ekonomi dengan mendongkrak program palaku UMKM dan instrumennya baik dalam hal regulasi maupun permodalan. Diharapkan hal ini memberikan para pelaku usaha bertahan dan bangkit kembali sehingga roda ekonomi nasional dapat tumbuh ,dan untuk itu PMKM Prima Indonesia hadir sebagai wadah dari pelaku usaha untuk bisa bersatu dan gotong-royong melakukan penguatan jaringan pemasaran ,pelatihan,dengan program digital yang tepat guna ,ucap Moch.Umar dalam wawancara media setelah pelantikannya pada saat itu.

Program yang di Utamakan oleh PMKM adalah selalu menjaga nilai-nilai ekonomi kearifan lokal sehingga pelaku UMKM di setiap wilayah mempunyai nuansa dari kekayaan budaya dan daerah geografis bangsa Indonesia, dan akan menpunyai daya saing dengan komoditas asing di negeri kita dan di pasar global Internasional, dikutip komentar yang di sampaikan oleh ketua harian Endang Suherman.

Kembali dalam rangkaian kegiatan yang sama didalam rangkaian kegiatan seminar kewirausahaan Oleh PMKM Prima Cabang Lamongan,  Ivy Juana, S.sos, SH, MH dari KADIN Surabaya – Jawa timur yang juga menghadiri Acara hari ini mengatakan bahwa, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini.

” Alhamdulillah dikemas dengan acara materi yang bagus, Bagaimana caranya kewirausahaan itu naik kelas. jadi acara hari ini sangat bermanfaat dan juga ada beberapa dari pihak bank memberikan arahan-arahan keterkaitan UMKM bagaimana untuk berkembang dalam hal pemodalan dan bagaimana cara jadi UMKM yang bagus, berkembang disetiap daerah baik secara offline atau online nantinya dan harapan saya kedepan bisa mengadakan pelatihan-pelatihan lain terhadap bibit unggul UMKM dilamongan ini,” ujarnya.

Harapan dari KADIN kepada pengurus PMKM Prima Indonesia Cabang Lamongan, PMKM sebagai wadah yang ada di Lamongan ini khususnya, untuk bisa menindak lanjuti, mengembangkan dan membimbing semua para pelaku UMKM yang ada di Lamongan agar bisa ke jenjang yang lebih tinggi lagi dalam usahanya. (F2)