Hankam Selamat Jenderal, Presiden RI Resmi Lantik Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Sebagai...

Selamat Jenderal, Presiden RI Resmi Lantik Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

Jakarta – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo telah resmi melantik Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/1) pukul 10.00 WIB.Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menggantikan Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021. Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebelumnya telah menjalani fit and proper test Kapolri, setelah penunjukannya sebagai calon tunggal Kapolri yang diusulkan oleh Presiden RI kepada DPR RI. Sementara itu, usai pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., akan kembali ke Mabes Polri untuk melaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan.

Proses Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panji Polri Tribrata dari Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1).

Penyerahan Panji Polri itu sekaligus melegitimasi bahwa Korps Bhayangkara resmi dibawah komando Jenderal Listyo Sigit sebagai Kapolri.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Hanya sejumlah jenderal polisi yang hadir secara fisik di Rupatama Polri. Sementara, jajaran Polda mengikuti upacara ini secara virtual.

Setelah penyerahan Panji Tribrata, acara dilanjutkan dengan serah terima Ketua Umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Yakni dari istri Idham Azis, Fitri Idham Azis menyerahkan kepemimpinan organisasi itu kepada istri dari Listyo Sigit, Juliati Sigit Prabowo.

Kemudian, acara juga dilanjutkan dengan pengangkatan ibu asuh Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia.

Proses sertijab ini sendiri diatur oleh SDM Polri. Karena dilangsungkan di tengah Pandemi Covid-19, acara itupun berlangsung dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ekstra ketat.

“Acara ini tentunya diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. (Div.HumasPolri)