Daerah Pencarian Korban Tenggelam Warga Kudikan, Banser Berpartisipasi dengan Terjunkan Satuan BAGANA

Pencarian Korban Tenggelam Warga Kudikan, Banser Berpartisipasi dengan Terjunkan Satuan BAGANA

1454
0

kabar1lamongan.com – Senin pagi pukul 06:40 WIB ditemukan korban tenggelam di rawa Manyar tepatnya desa Kebalankulon kecamatan Sekaran Lamongan, korban merupakan warga dusun Ngareng desa Kudikan (Senin, 11/1/2021).

Korban berjenis kelamin laki-laki bernama H. Nurkamim berusia 54 Tahun diperkirakan hilang sejak kemarin (Minggu, 10/1/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Menurut kesaksian salah seorang warga Kebalankulon, Nur Rendi yang sebelumnya bertemu dengan beliau di dekat rawa “Pukul 06:30 WIB (Minggu,10/01) saya bertemu dengan beliau dan saling berkenalan, karena sebelumnya saya juga belum kenal beliau, tetapi belaiu kenal dengan orang tua saya karena sesama pemelihara kambing. Bahkan dia sempat bilang mau ikut perahu saya untuk mencari rumput (kangkung), berhubung perahu saya tidak ada disana maka saya urungkan untuk kembali dan tidak jadi cari rumput di rawa” Ujar Rendy.

Sejak diberitakan H. Nurkamim tidak diketemukan pemerintah desa Kudikan menginformasikan lewat media speaker atau pengeras suara umum guna menginformasikan terkait berita orang hilang dengan tujuan agar segera diketemukan. Koordinasi dengan Aparat kepolisian pun telah dilakukan guna sebagai dasar untuk melakukan proses pencarian secara ramai-ramai masyarakat desa.

Menurut kesaksian dari kepala desa Kudikan, Aji Mahendra Timur “Pada hari minggu tanggal 10 Januari 2021 Sekitar jam 07.00 WIB korban berangkat dari rumah untuk mencari rumput di rawa Manyar desa Kebalankulon kecamatan Sekaran kabupaten  Lamongan,  sampai pukul 15.00 WIB, korban belum pulang kemudian pihak keluarga berusaha mencari korban di sekitar rawa Manyar dan menemukan sepeda motor korban di lak/rawa,  kemudian pihak keluarga berusaha mencari korban akan tetapi tidak diketemukan, sekitar pukul 18.00 Wib.  Pihak keluarga korban melaporkan kejadian tersebut kepada kepala desa dan kepala desa bersama warga desa berusaha mencari akan tetapi tidak diketemukan.

“Sekitar pukul 19.00 WIB kepala desa melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sekaran kemudian dilakukan lagi pencarian bersama anggota polsek sekaran, dan pada hari Senin tanggal 11 Januari 2021 sekira pukul 07.30 WIB korban ditemukan meninggal dunia tenggelam di dalam rawa,  selanjutnya dilakukan evakuasi korban dan dibawa ke rumah korban” Terang Aji Mahendra Timur selaku Kades Kudikan

Dalam pencairan korban dilakukan secara beramai-ramai oleh aparat kepolisian, warga desa Kudikan, desa Kebalankulon dan beberapa personil Banser dan BAGANA (Banser Tanggap Bencana) desa Kebalankulon dan PAC Sekaran hingga korban di ketemukan.

“Banser Tanggap Bencana (BAGANA) ikut berpartisipasi dari awal pencarian hingga diketemukan korban, karena ini merupakan bagian dari Darma Bhakti Banser kepada masyarakat dari sisi kemanusiaan dan bukti nyata aksi terhadap keberadaanya” Terang Ubaidillah pengurus GP. Ansor Kebalankulon.

Setelah korban ditemukan, pihak keluarga menerima kejadian tersebut sebagai musibah dan tidak menuntut untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Pihak keluarga tidak menghendaki dilakukan otopsi dan pihak keluarga sanggup membuat surat pernyataan yg berisi menerima kejadian tersebut sebagai musibah dan tidak menghendaki dilakukan otopsi. (yos”03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here