Politik Program KARSA : Lamongan Sehat, layanan kesehatan gratis pada masyarakat dan Lahiran...

Program KARSA : Lamongan Sehat, layanan kesehatan gratis pada masyarakat dan Lahiran plus dengan Aktanya.

Kabar1Lamongan.com – Pasangan KarSa Calon Bupati Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan nomor urut 3, Kartika Hidayati-Sa’im (KARSA) akan menjamin setiap warga Kabupaten Lamongan yang melahirkan saat pulang dari rumah sakit atau puskesmas langsung membawa akta kelahiran. terang Kartika Hidayati, program kerja ini akan terlaksana apabila pasangan calon nomor urut 3, Kartika Hidayati-Sa’im (KarSa) mendapatkan amanah dari masyarakat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lamongan. Untuk mewujudkan program tersebut, Kartika menjelaskan, pihaknya tidak akan bertindak sendirian yakni dengan mendorong peningkatan pelayanan dari dinas terkait.

“Setiap warga Lamongan yang melahirkan saat pulang dari rumah sakit baik umum maupun swasta dan puskesmas langsung membawa akta kelahiran, Tentunya nanti kita akan match dan tune in kan antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan,” katanya saat di hubungi via telepon. Senin (24/11/2020).

Mantan DPRD Provinsi Jawa Timur PKB 3 periode itu menyampaikan, salah satu program kerja KarSa ini juga sebagai bentuk tugas pemerintah dalam mengayomi warganya yang sudah memiliki ikatan pernikahan secara sah.

“Yang pasti jaminan tersebut diberlakukan kepada mereka suami istri yang sudah memiliki ikatan pernikahan secara sah,”ucapnya.

Kartika juga menjelaskan, dengan dijalankannya program ini kedepan akan memperingan kerja Disdukcapil agar tidak terjadi antrian pada saat membuat akta kelahiran. Artinya gak itu akan meminimalisir atau pemangkasan birokrasi sehingga rakyat merasa tenang dan rakyat tidak terbebani dengan banyak hal birokratif seperti itu.

Selain itu dalam mewujudkan Lamongan Sehat, Kartika membeberkan, akan memberikan pelayanan kesehatan gratis pada masyarakat kurang mampu.

“Warga kurang mampu tersebut akan kita berikan pelayanan gratis melalui integrase layanan BPJS dengan kebijakan jaminan sosial daerah, puskesmas akan menjadi ujung tombak untuk  melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Lamongan dengan menyetarakan nya dengan rumah sakit”, Ujar Kartika Hidayati.

tambah nya, “Tentunya tidak setara rumah sakit kelas A maupun B dengan tujuan untuk meminimalisir dari pada keberadaan rumah sakit agar tidak overload. Sehingga seluruh puskesmas (di Kabupaten Lamongan) akan berlomba-lomba memberikan pelayan yang terbaik”. (***)