Seputar DESA Dongkrak Ekonomi Desa di tengah Pademi, BUMDES Tangguh Desa Datinawong

Dongkrak Ekonomi Desa di tengah Pademi, BUMDES Tangguh Desa Datinawong

Kabar1Lamongan.com – Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berupaya mendorong ekonomi pedesaan. Salah satunya, dengan mendirikan Warung Lamongan (War-LA) yang dikelola secara profesional sehingga diharapkan mampu mendobrak kemajuan ekonomi desa. WAR-LA atau yang biasa disebut menjadi salah satu terobosan dari Pemkab Lamongan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan serta mendukung perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM).

Bupati Lamongan Fadeli menegaskan,War-LA ini meski didirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), namun dikelola secara profesional, dengan sentuhan modern. saat Melaunching Warung Lamongan (War-LA) di Desa Datinawong Kecamatan Babat, Kamis (06/08/2020).

Fadeli menambahkan, rasa optimis pendirian War-LA bisa menumbuhkan UMKM di Lamongan. Karena di setiap gerai War-LA disediakan rak khusus untuk menjual produk UMKM setempat. Fadeli juga berharap, di tahun 2020 secara bertahap semua desa punya War-LA. “Di tahun 2020 saya harapkan semua BUMDes harus sudah punya War-LA, Selain itu diharapkan hal ini juga menjadi jalan untuk memberdayakan ekonomi desa seperti War-LA ini. Karena hasil dari War-LA ini akan kembali ke desa sebagai pemilik War-LA”, ujar Fadeli.

Seperti Contoh di beberapa desa, di beberapa kecamatan sudah membangun WarLA. Diantaranya, War-LA Desa Blawi, Kecamatan Karangbinangun, Desa Banyubang dan Dagan kecamatan Solokuro, Desa Kranji dan Drajat Kecamatan Paciran, Desa Kelorarum,Kecamatan Tikung, Desa Karangsambigalih, Kecamatan Sugio, Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu dan Desa Ngimbang, Kecamatan Ngimbang.

Sementara itu, Kades Datinawong mudakir mengatakan pendirian War-LA ini diharapkan dapat memotivasi dan membangun kepercayaan desa dalam mengelola perekonomian desa secara mandiri. Selain sebagai pemenuhan kebutuhan warga desa,War-LA diharapkan dapat memberikan pekerjaan bagi warga yang membutuhkan dengan harga murah terjangkau, sebagai sarana promosi produk warga sekitar, sentra kegiatan masyarakat dan pelatihan pengembangan masyarakat, dan mitra usaha toko-toko sekitar desa.

“seperti apa yang dikatakan pak bupati, apa yang sudah dibangun (Warla) sesuai dengan harapan warga datinawong, babat, terutama menyediakan kebutuhan warga sekitar sehari hari dengan harga murah terjangkau, hal itu diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam menghadapi masa sulit di tengah pademi covid ini. Harapan saya, WARLA datinawong bisa menjadi icon desa di kecamatan babat”, Terang Kades Mudakir.

Dalam sambutan nya Bupati mengingatkan dan menekankan kepada masyarakat desa Datinawong khusus nya dalam new normal ini, tetap mematuhi protokol kesehatan di manapun, selalu pakai masker, jaga jarak dan sealalu cuci tangan dan menjaga diri agar tetap steril.

“ kita harus saling menjaga, dimulai dari diri sendiri. patuhi dan terapkan protokol kesehatan di manapun. dengan menerapkan hal itu, maka anda semua sudah ikut berperan dalam menangkal penyebaran pademi covid ini”, ungkap fadeli. (F2)